MEDIAJURNAL » Bisnis » Gaji PNS Dinaikkan Bisa Mencegah Korupsi, Kata Direktur Gratifikasi KPK

Gaji PNS Dinaikkan Bisa Mencegah Korupsi, Kata Direktur Gratifikasi KPK

Written by on |
Foto PNS

Foto PNS / setkab.go.id

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melalui Direktur Gratifikasi-nya Giri Suprapdiono mengusulkan agar gaji pegawai negeri sipil (PNS) dinaikan dengan besaran yang signifikan. Menurutnya hal tersebut perlu dilakukan guna mencegah terjadinya tindak pidana korupsi di lingkungan PNS.

Giri memberikan contoh PNS yang bekerja di sektor pengelolaan energi serta sumber daya mineral dan juga pajak. Dia menilai, dengan gaji kecil, PNS yang bekerja di sektor pengelolaan energi dan pajak sangat rentan melakukan korupsi.

“Banyak penambang yang asal ngeruk batu bara, tetapi tidak bayar pajak. Bisa terjadi karena ada main dengan PNS di urusan pajak,” kata Giri Suprapdiono, dilansir JPNN, Sabtu (15/11/2014).

Advertisements

Menurut Giri, bila kenaikan gaji PNS naik dengan nominal yang tinggi maka akan berbanding lurus dengan menurunnya tingkat korupsi di lingkungan PNS. “Apalagi jika remunerasinya sudah 100 persen dari gaji pokok. Tentu dampaknya lebih besar,” tegasnya.

Sementara itu, Yuddy Chrisnandi, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) mengatakan, pihaknya akan mempertimbangkan usulan KPK tentang kenaikan gaji PNS, namun menurutnya, PNS harus bisa menunjukan kinerja yang makin baik dari hari ke hari bila ingin gajinya naik.

“Sebelum dinaikkan, PNS harus memberikan kinerja lebih dulu,” tegasnya dalam acara penandatangan kesepakatan bersama pencegahan gratifikasi di lingkungan Kementerian PAN-RB, Jumat (14/11/2014).

Berikan Komentar