MEDIAJURNAL » Bisnis » Citilink Tambah Armada Airbus A320 Untuk Rute Baru Indonesia Timur

Citilink Tambah Armada Airbus A320 Untuk Rute Baru Indonesia Timur

Written by on |
Pesawat Citilink Airbus A320

Pesawat Citilink Airbus A320 / Russavia

Maskapai penerbangan berbiaya murah Citilink (PT Citilink Indonesia) kembali bersiap untuk menambah armada pesawatnya. Albert Burhan, Direktur Utama Citilink, mengungkapkan bahwa pada tahun depan Citilink akan mendatangkan delapan buah pesawat Airbus jenis A-320.

Hingga kini, anak perusahaan Garuda Indonesia itu┬átelah memiliki 36 pesawat Airbus A-320, satu yang paling baru didatangkan pada dua hari lalu. “Dua hari yang lalu baru datang satu pesawat lagi. Jadi itu yang ke-36 pesawat Airbus. Tahun depan masuk lagi delapan. Airbus A-320 semua,” katanya di JCC, Jakarta, Jumat, 25 September 2015.

Airbus A-320 pesanan Citilink tersebut akan dikirim mulai bulan Februari 2016 secara bertahap. Adapun untuk harganya, Airbus membanderol per buah A-320 seharga USD 45 juta, atau setara dengan Rp 658 miliar dengan kurs rupiah terhadap dolar saat ini.

Advertisements

“Kalau satu pesawat harganya sekitar USD45 juta. Kalau kita dananya dari pinjaman sedikit. Pinjaman tahun ini sudah minjam USD45 juta,” terang Albert, dikutip dari Sindonews.com, Sabtu, 26 September 2015.

Ketika delapan pesawat Airbus A-320 datang, rencananya Citilink akan memakai pesawat tersebut untuk menambah frekuensi penerbangan di rute di Indonesia barat yang sudah ada, seperti Surabaya dan medan. Selain itu, sisanya akan digunakan untuk membuka rute baru di Indonesia timur, seperti Papua dan Manado.

“Kayak tadi saya bilang, nambah frekuensi di wilayah bagian barat, Surabaya dan Medan. Sama mulai masuk ke Timur. Rencananya mau ke Papua, Manado,” imbuhnya.

Lebih jauh, terkait dengan perlambatan ekonomi Indonesia serta pelemahan nilai rupiah terhadap dolar Amerika, hal tersebut tidak mempengaruhi rencana awal pengadaan delapan pesawat baru tersebut. “Enggak kok (perubahan rencana pengadaan pesawat). Kita masih sesuai rencana,” pungkasnya.

Berikan Komentar