MEDIAJURNAL » Sosial » Buku LKS SD Ini Bolehkan Ibu Jadi Pelacur Ketika Suaminya Meninggal

Buku LKS SD Ini Bolehkan Ibu Jadi Pelacur Ketika Suaminya Meninggal

Written by on |
Buku SD "Ibu Pelacur"

Buku SD “Ibu Pelacur” / Merdeka.com

Dunia pendidikan tanah air dihebohkan dengan beredarnya buku lembar kerja siswa (LKS) untuk Sekolah Dasar (SD) yang berisikan kata-kata tidak pantas. LKS yang beredar di beberapa SD di Malang itu mengajarkan bahwa seorang ibu yang suaminya meninggal boleh menjadi pelacur demi memenuhi kebutuhan hidup anak-anaknya

“Seorang ibu hidup dengan tiga anak, karena suaminya meninggal dia harus bekerja untuk memenuhi kebutuhan hidup anak-anaknya, walaupun harus menjadi pelacur sekali pun, karena demi memberikan kehidupan dan bertanggung jawab atas ketiga anaknya,” demikian tertulis dalam salah satu halaman buku tersebut, dikutip dari Merdeka.com, Jumat, 13 November 2015.

Terang saja, buku yang disusun oleh tim dari Dinas Pendidikan Kota Malang dengan sampul berjudul Insan Bermartabat itu menuai kecaman tajam dari masyarakat. Mutini, Kepala Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Ahmad Yani Kota Malang, mengatakan buku kontroversial itu tiba di sekolah sekitar dua minggu lalu.

Advertisements

Mutini mengaku saat ini pihak sekolah belum mendapat pemberitahuan apakah buku tersebut bakal ditarik dari peredaran atau tidak. Kalaupun buku itu nanti tidak ditarik, pihak sekolah sudah menyiapkan langkah-langkah teknis untuk menyelesaikan masalah tersebut, yaitu dengan cara menutupi satu kata yang tidak pantas itu.

“Untuk mengantisipasinya cukup ditempel diganti dengan kalimat lain. Kesalahan itu hanya sebagian kecil, hanya satu kata saja,” ujar Mutini kepada wartawan, Jumat, 13 November 2015.

Lebih jauh, temuan kalimat tidak pantas dalam buku LKS berjudul Insan Bermartabat itu, menurut Mutini, bisa mengingatkan para guru agar lebih teliti lagi dalam memberikan materi pelajaran pada murid-muridnya. “Dengan temuan itu, para guru harus mempelajari semuanya,” tegas Mutini

Berikan Komentar