MEDIAJURNAL » Sosial » Broadcast BBM Trik Memanggil Hujan Pakai Air Garam Sebaskom Hoax!

Broadcast BBM Trik Memanggil Hujan Pakai Air Garam Sebaskom Hoax!

Written by on |
Broadcast BBM Hoax

Broadcast BBM Hoax Trik Memanggil hujan

Beberapa hari ini beredar sebuah pesan berantai lewat media BlackBerry Messenger (BBM) atau yang biasa dikenal dengan istilah Broadcast BBM yang berisikan panduan atau trik untuk memanggil hujan dengan menggunakan baskom berisi air garam. Dalam pesan tersebut, disebutkan bahwa trik memanggil hujan itu adalah saran resmi dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG)

Broadcast BBM itu meminta masyarakat untuk turut serta membantu saudara-saudarnya di Sumatera yang sedang dilanda bencana asap secara serempak pada Kamis, 22 Oktober 2015, pukul 11.00 siang. Apakah pesan itu adalah himbauan resmi BMKG? Apakah trik di Broadcast BBM itu benar-benar ampuh untuk memanggil hujan?

Hary Tirto Djatmiko, Kepala Sub Bidang Informasi Meteorologi BMKG, melalui keterangan resmi tertulisnya, Rabu, 21 Oktober 2015, memastikan bahwa Broadcast BBM Trik Memanggil Hujan itu hanyalah hoax murahan. Bahkan pesan berantai dengan konten seperti itu bukan barang baru lagi, karena sudah pernah beredar juga sebulan lalu.

Advertisements

“Broadcast itu hoax. Pesan itu juga pernah terjadi di bulan September dan sudah pernah diklarifikasi,” kata Hary Tirto Djatmiko sebagaimana dilansir Detik.com, Rabu, 21 Oktober 2015.

Lebih jauh, menurut Hary, bila masyarakat lebih kritis dalam mencerna pesan berantai tersebut, masyarakat akan langsung tahu bahwa itu hanya hoax. Hary mencontohkan, bagaimana bisa sebaskom air bisa mempengaruhi atau mengontrol cuaca, sementara air seluas samudera saja tidak serta merta bisa jadi hujan seketika.

“Analogi mudahnya seperti ini, jangankan sebaskom air, baskom sebesar lautan dan samudera saja belum bisa serta merta membuat uap air di udara jadi jenuh dan turun hujan,” pungkasnya.

Berikut isi Broadcast BBM Trik Memanggil Hujan yang menghebohkan dalam beberapa hari ini:

Serempak tanggal 22 jamMohon bantuan seluruh warga Indonesia: Tolong bantu saudara kita di jambi, riau n daerah sumatra lainnya. Disana hanya tersisa 5% udara yang layak. Hanya dengan langkah kecil. Sediakan baskom air yang dicampur garam dan diletakkan diluar, biarkan menguap, jam penguapan air yang baik adalah sekitar pukul 11.00 s.d jam 13.00, dengan makin banyak uap air di udara semakin mempercepat Kondensasi menjadi butir air pada suhu yang makin dingin di udara. Dengan cara sederhana ini diharapkan hujan makin cepat turun, semakin banyak warga yang melakukan ini di masing-masing rumah, ratusan ribu rumah maka akan menciptakan jutaan kubik uap air di Udara. Lakukan ini satu rumah cukup 1 ember air garam, rabu tgl 21 Oktober 2015, jam 11 siang serempak.. Mari kita sama2 berusaha utk mnghadapi kabut asap yg kian parah ini.. Pesan ini adalah saran dari BMKG Indonesia Mohon diteruskan.. Kita selamatkan nasib anak2,balita,ibu hamil yang sudah mulai terkontaminasi oleh kabut asap yang tebal.

Berikan Komentar