MEDIAJURNAL » Nasional » Bila Pilpres Diulang, Prabowo Subianto Kalah Telak dari Joko Widodo

Bila Pilpres Diulang, Prabowo Subianto Kalah Telak dari Joko Widodo

Written by on |
Prabowo Subianto dan Hatta Rajasa

Prabowo Subianto dan Hatta Rajasa / viva.co.id

Lingkaran Survei Indonesia (LSI) baru saja merilis hasil survei terbaru mereka tentang dukungan publik kepada kedua pasang calon presiden dan wakil presiden 2014 paska pengumuman hasil pemilihan presiden oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Berdasarkan hasil survei tersebut, responden yang semula mendukung Prabowo Subianto dan Hatta Rajasa akan beralih memilih pasangan Joko Widodo dan Jusuf Kalla bila pemilihan presiden diualang sesuai tuntutan pasangan Prabowo-hatta.

“Saat ditanyakan kepada responden pendukung Prabowo, sebagian besar dari mereka beralih mendukung Jokowi jika ada pemungutan suara lagi,” kata Ade Mulyana, peneliti LSI, dilansir dari tempo.com, Kamis, (7/8/2014)

Advertisements

LSI melakukan pengumpulan data sebanyak 1.200 responden yang tersebar di 33 provinsi dalam rentang waktu 4-6 Agustus 2014, dari data tersebut menunjukan bahwa suara Prabowo-Hatta turun sekitar 12 persen menjadi 34,75 persen bila dibandingkan dengan 46,85 persen suara pasangan nomor urut 2 tersebut dari hasil rekapitulasi KPU pada 22 juli lalu.

Sementara itu dukungan terhadap pasangan Joko Widodo dan Jusuf Kalla mengalami kenaikan yang cukup signifikan, dari 53,15 persen persen menjadi 65,25 persen, adapaun Margin of error pada survei LSI ini adalah 2,9 persen

Menurut Ade Mulyana, faktor terbesar yang membuat beralihnya suara pada pendukung prabowo ke Jokowi adalah kurang legowo-nya kubu Prabowo dalam menerima hasil pemilihan presiden 2014.

“Banyak faktor yang menyebabkan pendukung Prabowo pindah, salah satunya karena kubunya kurang legowo menerima hasil pilpres,”jelasnya.

Berikan Komentar