MEDIAJURNAL » Nasional » Beredar Hoax Info Penerimaan CPNS 2016, KemenPAN-RB Lapor Polisi

Beredar Hoax Info Penerimaan CPNS 2016, KemenPAN-RB Lapor Polisi

Written by on |
Peserta Tes CPNS

Peserta Tes CPNS / kabarmamasa.com

Niatan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) yang akan melaporkan situs-situs berita penebar hoax penerimaan CPNS 2016 ke polisi rupanya tak sekadar gertak sambal. 17 situs berita penebar hoax penerimaan CPNS 2016 telah resmi dilaporkan ke polisi oleh KemenPAN-RB.

Herman Suryatman, Kepala Biro Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik KemenPAN-RB, menduga apa yang telah dilakukan ke-17 situs tersebut telah melanggar UU ITE. “Tindakan itu patut diduga melanggar ketentuan dalam Undang-Undang Nomor 11/2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) dan KUHP,” kata Herman di Jakarta, Selasa, 9 Februari 2016.

Herman menyebut laporan tersebut harus dilakukan untuk memberikan efek jera agar info-info sesat tentang penerimaan CPNS 2016 tidak terjadi lagi di kemudian hari. Selain itu, laporan itu juga bisa mencegah terjadinya penipuan dan percaloan yang memanfaatkan informasi sesat tersebut.

Advertisements

“Hal ini kami lakukan, selain untuk memberikan efek jera bagi para pelaku, juga mencegah terjadinya berbagai tindak penipuan serta percaloan dalam rekruitmen CPNS,” terang Herman, dikutip dari JPNN, Kamis, 11 Februari 2016.

Herman menghimbau agar masyarakat lebih selektif lagi dalam menerima informasi dari internet. Info terbaru tentang CPNS, lanjut Herman, pasti diumumkan lewat website resmi KemenPAN-RB, www.menpan.go.id. Bila ada informasi tentang CPNS yang beredar di media sosial atau situs-situs berita, hendaknya dikonfirmasi apakah info tersebut juga ada di web resmi KemenPAN-RB.

“Setiap informasi akan kami sampaikan melalui website Kementerian PANRB. Karena itu, masyarakat supaya mengkonfirmasikan informasi yang meragukan ke KemenPAN-RB,” tandasnya.

Berikan Komentar