MEDIAJURNAL » Nasional » Benarkah PNS Lulusan SMA ke Bawah Akan Kena PHK Massal Pada 2017?

Benarkah PNS Lulusan SMA ke Bawah Akan Kena PHK Massal Pada 2017?

Written by on |
Foto PNS

Foto PNS / setkab.go.id

Belum lama ini, pemerintah mengumumkan akan memberlakukan kebijakan rasionalisasi Pegawai Negeri Sipil (PNS) pada tahun 2017, yakni program pensiun dini bagi PNS yang dinilai tidak punya kinerja baik, tak memenuhi kualifikasi, dan tidak memiliki kompetensi dalam pekerjaannya.

Bersamaan dengan hal itu, muncul isu yang menyebut PNS berijazah Sekolah Menengah Atas (SMA) ke bawah akan menjadi ‘target’ utama PHK atau pensiun dini dalam program rasionalisasi PNS. Isu itupun membuat para PNS berijazah SMA resah dan bertanya-tanya apakah kabar itu benar?

Mengutip dari situs resmi Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara (KemenPAN-RB), menpan.go.id, Rabu, 13 April 2014, Setiawan Wangsaatmadja, Deputi Sumber Daya Manusia (SDM) Aparatur KemenPAN-RB, mengatakan bahwa tidak benar pemerintah akan memberhentikan PNS lulusan SMA secara membabi buta.

Advertisements

Setiawan menegaskan rasionalisasi ASN akan didasarkan pada kajian mendalam yang menekankan pentingnya aspek kinerja, kualifikasi, dan kompetensi. “Jadi tidak perlu khawatir bagi pegawai berijazah SMA yang berkinerja. Masih bisa diberikan kesempatan untuk pendidikan,” kata Setiawan.

Lebih jauh, Setiawan menyebut rasionaliasi PNS memang harus segera dilakukan pemerintah guna menjawab tantangan manajemen SDM PNS di masa depan yang meliputi globaliasi, kompetisi antar negara, teknologi informasi dan digitasi, serta high colaboration.

“Kami sudah mencanangkan bahwa tahun 2019, kita harus mewujudkan smart ASN, yaitu ASN yang berwawasan global, menguasai IT/digital dan bahasa asing, serta berdaya networking tinggi (memiliki poin bekerja sama),” tandasnya.

Berikan Komentar