MEDIAJURNAL » Sosial » Badan Utama Pesawat AirAsia QZ8501 Ditemukan oleh Kapal Singapura

Badan Utama Pesawat AirAsia QZ8501 Ditemukan oleh Kapal Singapura

Written by on |
Badan Pesawat AirAsia QZ8501

Badan Pesawat AirAsia QZ8501 / JPNN

Rabu (14/1/2015), sekira pukul 15.05 WIB, badan utama pesawat AirAsia QZ8501 yang jatuh akhir tahun lalu berhasil ditemukan oleh kapal MV Swift Rescue, armada kapal Singapura yang diperbantukan dalam operasi kemanusiaan AirAsia QZ8501.

Kabar penemuan badan utama pesawat itu dikonfirmasi oleh Ng Eng Hen, Menteri Pertahanan Singapura, lewat akun sosial media Facebooknya. Ng Eng Hen mengatakan bahwa dia telah menghubungi Chow Khim Chong, komandan kapal MV Swift Rescue.

Ng Eng Hen memberikan laporan bahwa pada awalnya kapalnya mendeteksi keberadaan benda besar yang diduga badan pesawat AirAsia QZ8501 yang berjarak sekitar 2 kilometer dari lokasi penemuan ekor pesawat.

Advertisements

“Saya berbicara melalui telepon dengan dia (Komandan di kapal MV Swift Rescue, SLTC Chow Khim Chong), bagaimana mereka pertama kali mendeteksi sonar reruntuhan sekitar 2 km dari mana ekor ditemukan sebelumnya,” tulis Ng Eng Hen dalam akun FB-nya, Kamis (14/1/2014)

Setelah mendeteksi keberadaan benda yang diduga badan pesawat melalui sonar, kapal MV Swift Rescue mengirimkan kendaraan laut tanpa awak untuk menyelam ke lokasi tersebut. Kendaraan tersebut akhirnya berhasil memotret benda tersebut dan memastikan bahwa benda itu memang badan utama pesawat AirAsia QZ8501.

“Mereka kemudian mengirim kendaraan yang dioperasikan dari jarak jauh, yang memiliki konfirmasi visual, sebelum akhirnya menginformasikan kepada BASARNAS, otoritas pencarian Indonesia,” lanjutnya, dikutip dari JPNN, Kamis (15/1/2015).

Sementara itu, Kepala Basarnas Marsekal Madya FH. Bambang Soelistyo juga telah membenarkan kabar ditemukannya badan utama pesawat AirAsia QZ8501. “Badan pesawat ditemukan masih menempel dengan satu sayap pesawat. Ditemukan pada hari ini,” ungkapnya kepada wartawan di Kantor Pusat Basarnas, Rabu (14/1/2015).

Berikan Komentar