MEDIAJURNAL » Bisnis » Arisan Manusia Membantu Manusia (MMM) Berpotensi Penipuan

Arisan Manusia Membantu Manusia (MMM) Berpotensi Penipuan

Written by on |
Arisan Manusia Membantu Manusia (MMM)

Arisan Manusia Membantu Manusia (MMM)

Investasi Mavrodi Mondial Moneybox atau yang di tanah air lebih dikenal dengan nama arisan Manusia Membantu Manusia (MMM) mulai mendapat perhatian luas dari masyarakat, masyarakat mulai bertanya-tanya sehatkah investasi semacam itu? apakah aman berinvestasi MMM?

Kiswoyo Adi Joe, Analis dari Investa Saran Mandiri mengingatkan masyarakat agar berhati-hati dengan arisan Manusia Membantu Manusia (MMM). Menurutnya ada celah penipuan pada model investasi semacam MMM ini.

Celah penipuan yang dimaksud adalah pada sistem yang ada di websitenya, Kiswoyo Adi Joe menduga ada admin atau beberapa admin web yang merangkap jadi member MMM yang bisa saja melakukan kecurangan dalam mementukan siapa-siapa member yang akan ditransfer ditransfer.

Advertisements

“Coba kumpulkan sekitar 50 orang yang mendaftar secara bersamaan, pasti masing-masing diminta mentransfer ke nama rekening yang sama. Nah, ini perlu dicurigai. Setelah ketahuan ada nama yang sama, minta saja ke bank untuk membuka siapa dia,” kata Kiswoyo Adi Joe.

Arisan MMM sendiri menjanjikan anggota untuk mendapatkan untung sebesar 30 persen setiap bulannya, caranya cukup mudah yaitu dengan membuat akun di website MMM, beberapa hari setelah mendaftar member akan dituntun untuk melakukan transfer dana ke rekening anggota lain yang sudah ditentukan oleh sistem di website MMM.

Setelah anggota MMM melakukan transfer dana ke anggota lainnya, satu bulan kemudian member tersebut akan mendapatkan giliran ditransfer dana juga dari member lain sebesar 30 persen dari modal awal yang telah diinvestasikan.

Transaksi dana yang berlangsung di MMM langsung dilakukan oleh tiap anggota, karena pihak MMM memang tidak menghimpun dana yang diinvestasikan anggotanya. untuk investasi per anggota dibatasi pada nominal satu juta hingga 10 juta saja.

Kiswoyo Adi Joe melihat Arisan Manusia Membantu Manusia (MMM) itu bisa merugikan anggotanya sewaktu-waktu karena sistem yang tidak jelas dan tidak terbuka, tidak ada penjelasan yang konkrit bagaimana sistem di website MMM itu berjalan, bagaimana program di web MMM tersebut bekerja dan semacamnya, bahkan dia menilai MMM ta ubahnya seperti orang yang sedang berjudi.

“Karena arisan itu tidak jelas, seperti berjudi, bisa rugi sewaktu-waktu,” pungkasnya, dilansir dari tempo.com, Jumat (8/8/2014)

Berikan Komentar