MEDIAJURNAL » Sosial » Anna Stepien, Bule Cantik yang Berani Kotor Pungutin Sampah di Pantai

Anna Stepien, Bule Cantik yang Berani Kotor Pungutin Sampah di Pantai

Written by on |
Anna Stepien

Anna Stepien / merdeka.com

Sebuah aksi terpuji dan penuh inspirasi dilakukan oleh turis cantik asal Polandia, turis wanita bernama Anna Stepien itu dengan sigap serta tidak takut kotor membersihkan sampah-sampah di pantai Teluk Manado, tepatnya di area tugu ‘Boboca’ Kalasey, pada Jumat (19/9/2014).

Anna Stepien melakukan kegiatan sosial bersih-bersih pantai bersama warga lokal yang tergabung dalam Forum Perjuangan Penyelamatan Laut dan Lingkungan (FPPLL). Anna Stepien mengaku prihatin dengan keadaan laut Indonesia yang dipenuhi sampah plastik.

“Saya pernah snorkeling di Pantai Bunaken, Siladen dan di sekitar sini, itu indah sekali. Sayang sekali banyak sampah plastik di dalam laut,” kata Anna saat ditemui di lokasi bersih-bersih, Jumat (19/9/2014).

Advertisements

Menurut Anna Stepien, sampah plastik yang menngendap di dasar laut sangat tidak baik untuk ekosistem, sampah plastik sangat berbahaya bagi kehidupan makhluk hidup di laut dan berpotensi membuat beberapa jenis ikan endemik seperti dugong (duyung) dan mandarin fish berkurang populasinya.

“Limbah plastiknya akan dimakan ikan-ikan tersebut, bahkan mereka akan terperangkap di dalam gundukan sampah dan mati,” terang Bule berusia 28 tahun itu.

Seperti diberitakan merdeka.com, Sabtu (20/9/2014), Anna Stepien menghimbau agar seluruh masyarakat Indonesia mulai membangkitkan kesadaran akan kebersihan lautnya, wanita cantik itu tak lupa berpesan kepada pemerintah Indonesia untuk mencanangkan budaya tanpa sampah.

“Warga Indonesia dan Manado khususnya harus menghargai laut mereka. Kalau turis datang, mereka tidak suka banyak sampah. Harus dicanangkan budaya tanpa sampah, Itu pesan saya juga untuk pemerintah” pungkasnya.

Berikan Komentar