MEDIAJURNAL » Kriminal » 3 Warga dan 1 Anggota TNI Jadi Tersangka Pengeroyokan Aiptu Paulus

3 Warga dan 1 Anggota TNI Jadi Tersangka Pengeroyokan Aiptu Paulus

Written by on |
Irjen Ronny Franky Sompie

Irjen Ronny Franky Sompie / Liputan6

Kadiv Humas Polri Irjen Ronny Franky Sompie mengumumkan bahwa Pomdam XVI Pattimura telah menetapkan 1 tersangka dari TNI dalam kasus pengeroyokan hingga menewaskan Aiptu Paulus Lekatompessy, Ronny Sompie mengatakan, Provost Denma Kodam Pattimura sudah melakukan penyelidikan terkait pengeroyokan yang dilakukan tersangka Serma Yopi Laturake kepada Aiptu Paulus Lekatompessy.

“Pihak Pomdam XVI Pattimura telah menetapkan 1 tersangka dari TNI atas nama Serma YL. Anggota Provoost Denma Kodam Pattimura,” kata Ronny Franky Sompie di Jakarta, Kamis (2/10/2014).

Selain satu tersangka dari TNI, tiga tersangka lain juga sudah ditetapkan, ketiga tersangka itu adalah Jefri Serhalawan, Demianus Wenhenusun alias Guru Dang, dan Ferdy Rupidara alias Berti. Mereka bertiga ditetapkan menjadi tersangka setelah Polda Maluku melakukan pemeriksaaan terhadap sembilan orang saksi.

Advertisements

“Dari 9 saksi yang diperiksa, Polres Ambon sudah menetapkan 3 orang tersangka,” terangnya seperti dilansir dari Liputan6, Jumat (3/10/2014).

Irjen Ronny mengatakan, Pomdam XVI Pattimura dan Polres Ambon sudah berkoordinasi serta berkomitmen untuk melakukan proses hukum terhadap kasus pengeroyokan Aiptu Paulus Lekatompessy secara profesional dan transparan.

“Kedua pihak saling membantu dan melengkapi dalam proses penyidikan yang dilakukan oleh masing-masing institusi dalam mengungkap keterlibatan para pelaku, baik yang diduga dari oknum TNI maupun warga masyarakat,” tegas Irjen Ronny.

Sebelum meninggal dikeroyok warga dan satu anggota TNI, Aiptu Paulus sempat dikabarkan meninggal saat menyelidiki konflik antar agama akibat salah paham, namun penyelidikan terbaru menyebebutkan bahwa Aiptu Paulus diduga mabuk dan berbuat rusuh di acara orang meninggal pada Senin (29/9/2014).

Seorang anggota TNI, yaitu Serma Yopi Laturake lalu menegur Aiptu Paulus dan menyuruhnya pulang, namun hal tersebut ditolak oleh Aiptu Paulus dan terjadi percekcokan yang berakhir dengan tewasnya Aiptu Paulus.

Berikan Komentar